RUU Nikah Siri – Isi Draft RUU Nikah Siri | visit ingatEros.com

RUU Nikah Siri – Isi Draft RUU Nikah Siri

February 18th, 2010 29 Comments

Bukan Indonesia kalao tidak penuh dengan kontroversi ya hehe. Setelah kemarin sempet bicara soal kontroversi RMP Konten Multimedia yang belum tuntas. Hennah, sekarang muncul kontroversi seri terhangat minggu ini, RUU Nikah Siri alias Rancangan Undang-Undang yang mengatur nikah sirih.

ingatEros lo ya itu baru RUU alias masih dalam draft rancangan undang-undang, belom resmi di tetapkan menjadi undang-undang yang sah. Setiap peraturan dan undang-undang tentu ada yang pro dan kontra. Berikut beberapa ‘orang penting‘ yang menyatakan pro dan kontra :

Allissa : Nikah sirih tidak haram

“Nikah siri bukan sesuatu yang kita haramkan. Tapi menurut saya, tidak perlu melakukan nikah siri kalau etika moral kita sudah selaras dengan penghormatan kepada orang lain” Kata Alisa, Putri Gusdur di Semarang, Rabu (17/2).

Hasyim Muzadi : RUU Nikah Siri adalah langkah tidak benar

“Saya kira ini tidak benar. Nikah siri cukup diadministrasikan saja. Harusnya yang lebih dulu dipidanakan itu yang tidak nikah (berhubungan seks di luar nikah).Saya yakin ini ada agenda tersembunyi untuk melegalkan yang melakukan seks bebas (free sex) dan menyalahkan yang nikah” Kata Hasyim Ketua PBNU kepada harian Seputar Indonesia (SI) di Gedung PBNU Jakarta, Selasa (16/2).

Ratna Sarumpaet : Saya sangat mendukung segera diterbitkannya UU

“Saya sangat mendukung segera diterbitkannya UU tentang peradilan agama bidang perkawinan yang mengatur sanksi bagi perkawinan siri,” ujar aktivis perempuan Ratna Sarumpaet yang juga artis dan seniman, di Jakarta, Selasa (16/2).

Ahmad Rosidi aka Eros : Kalau nikah siri yang bertanggung jawab sih gapapa

“Hayah yang diatas nih, pada ribut RUU. Tuhan saja mengijinkan kawin sirih dan sah menurut agama. Kalau nikah siri yang bertanggung jawab sih gapapa. Meski nikah resmi tapi gak bertanggung jawab gimana hayooo” Tutur Ahmad, blogger asal gunung Welirang, Kamis (18/2).

Beberapa isi draft RUU Nikah Siri

Pasal 142 ayat 3 menyebutkan, calon suami yang berkewarga negaraan asing harus membayar uang jaminan kepada calon istri melalui bank syariah sebesar Rp 500 juta.

Pasal 143, setiap orang yang dengan sengaja melangsungkan perkawinan tidak di hadapan pejabat pencatat nikah dipidana dengan ancaman hukuman bervariasi. Mulai dari enam bulan hingga tiga tahun dan denda mulai dari Rp 6 juta hingga Rp 12 juta. Selain kawin siri, draf RUU juga menyinggung kawin mutah atau kawin kontrak.

Pasal 144, setiap orang yang melakukan perkawinan mutah dihukum penjara selama-lamanya 3 tahun dan perkawinannya batal karena hukum. RUU itu juga mengatur soal perkawinan campur (antardua orang yang berbeda kewarganegaraan).

lo iku doank Ros isinya? ya entar kalao dapat draft lengkap dari Menteri Agama atau menterinya Google tak post, okay?

Itulah beberapa pro dan kontra tentang nikah sirih. Bagaimana dengan anda? apakah pro? apakah kontra dengan diberlakukannya RUU Nikah Siri ini? Yang gak mau pusing ngurusi nikah sirih, mending ikutan bisnis hosting ae mayan dapat $50-$125 *tetep, xixixi

29 Responses to “RUU Nikah Siri – Isi Draft RUU Nikah Siri”

  1. saya sangat mengecam kalau RUU nikah siri itu benar-benar disahkan… :evil:

    mending buat RUU Anti PSK.. betul ga ros ??

    eh ngemeng2 kamu dukung yang mana ?? :mrgreen:

    [Reply]

    aR_eRos Membalas:

    saya lebih mengecam kalao mas dNoxs ternyata ikut-ikutan ndung pengesahan RUU wikikikkik.
    nah lo itu kan di postingan saya sudah ikut bersuara :D

    [Reply]

  2. olip says:

    sabun sirih (lmao)

    [Reply]

    aR_eRos Membalas:

    dipakai yang rutin yaks
    wekekekeke

    [Reply]

  3. jamal says:

    Nikah siri itu halal, & setiap pernikahan bukan hanya untuk legalitas (tidak zinah) tp bagaimana menempuh hidup berdua secara baik. nikah siri jaman sekarang banyak yang tidak sah karena tidak adanya wali dari pihak perempuan, kebanyakan pernikahan siri yang tidak benar adalah dengan menyewa/membayar orang untuk menjadi wali & saksi. jadi kepada pemerintah jangan menyalahkan pernikahan siri, tp harus memberikan penjelasan bagaimana hukum nikah siri yang benar, jangan sampe free sex dibuat legalitas.

    [Reply]

  4. Mungkin juga orang melakukan nikah sirih ini, karena faktor ekonomi …
    Atau juga menyangkut hal-hal negatif juga …
    Tapi kita harus betindak dong, masa laki-laki yangberbuat zinah kepada perempuan sampai hamil, di hukum nya hanya 3 bulan …
    sedangkan yang menikah siri di hukum lebih dari itu, dan di kenakan denda…
    Kalo system nya seperti itu, nanti malah orang-orang lebih baik berzina dari pada menikah siri ….
    Sungguh menghawatirkan …

    [Reply]

  5. richie says:

    Nah Ros… ndang nang KUA kunu biar gak kena pidana…. ojok siri sana siri sini thok!

    [Reply]

  6. meylya says:

    aeng² wae koyok gak enek kerjaan sing luweh penting

    [Reply]

    Mr eko (PM) Membalas:

    jujur saja, kenapa sih musti di ributkan?
    kalian semua tahu tidak,,?? siapa yang membuat UU itu, orang yang membuat undang undang itu adalah orang yang tidak mampu mempunyai istri lebih dari satu karena agamanya Non_Muslim, dan mereka yang membuat UU tersebut pastilah punya bisnis porstitusi yang besar di pulau seribu.
    otomatis kalo tidak ada kawin siri bisnis judi dan bisnis lendir mereka akan laris,, dan manis,,,
    percaya atau tidak,,, “ALLAH SWT akan memberi azab besar untuk UU itu”
    dan terkutuklah bagi mereka yg tidak bisa berbuat adil terhadap para istrinya.
    AMIN,,,,

    [Reply]

  7. tavip herawan says:

    setuju pernikahan siri diatur dalam undang2, akan tetapi pidana dan denda hanya dikenakan terhadap mereka2 yang melakukan nikah siri tidak sesuai dengan kaidah-kaidah agama, seperti wali bukan wali sah (bapak)

    [Reply]

  8. suryaden says:

    nikah yo nikah wae…
    siri kan mergane ora entuk sertipikat, lha butuh sertipikat apa endak, itu sh urusan masing-masing… gusti allah perlu sertipikat ora, nah itu baru pertanyaan

    [Reply]

  9. ochie says:

    hemz… rame nih kayaknya pada ngobrolin nikah sirih…
    pro dan kontra itu wajar Lah …
    tapi yang perlu kita lakukan adalah mengambil jalan tengah dari pro dan kontra itu…
    mengapa si “A” pro dan mengapa si “B” kontra apa alasannya dan pendapat dia itu dilihat dari sisi siapa dan apa…..
    memang nikah siirh itu HALAL…. dan free sex itu jelas HARAM jadi tolonglah jangan membandingkan sesuatu yang memang sudah jelas sangat berbeda….
    dan jangan pula bernegative thingking… bukankah itu berdosa..???
    yang perlu dibenahi adalah, pemerintah harus tegas terhadap free sex, dan mengenai nikah sirih yang akan dipidana sesuai dengan RUU tersebut harus disiapkan dengan matang….
    seperti misalnya.. biaya administrasi yg selama ini memberatkan warga yang tidak mampu menikah d KUA harus lebih dipertegas lagi biar tidak ada pungli yang akan mengambil keuntungan dari RUU tersebut….
    dan untuk masyarakat yang kontra.. cobaLah kita memahami masalaha ini dari berbagai aspek,, bukankah ketika kita sedang menemudi pandangan kita harus tertuju juga kepada kaca sepion bukan hanya melihat kedepan saja????
    semoga tidak ada lagi, pro dan kontra yang menimbulkan masalah-maslah baru dan memutuskan tali silaturahmi.. na’udzubiLLah…

    [Reply]

  10. ata says:

    saya tidak mendukung dengan adanya UU nikah sirih,bukan berarti gw mau nikah sirih………………………….,menikah sirih syah menurut agama…….., daripada kita zinah………….., ya ga bro………. ?dont hypocrite…………………………….

    [Reply]

  11. maruli says:

    kalau saya sangat setuju dengan adanya UU Nikah siri, tapi klu mau dipidanakan sih pikir-pikir dulu lah! apa smua yg nikah siri itu punya maksud yang jelek?……. katanya takut sang ibu dan anak ditelantarkan. klu dah kejadian penjarakan aja ga apa-apa!
    klu menurut saya banyak banget warga negara Indonesia yang baik, yang mau mencatatkan perkawinannya.
    bukan masyarakat yang sulit diatur, tapi pemerintah kita ini yang sering membuat sulit. dari Birokrasi yang berliku-liku, sampai biaya yang tak masuk akal.
    Kalau Pemerintah mempermudah, Birokrasi dan biaya murah, apalagi gratis…………..!
    saya jamin Kantor Catatan Sipil penuh dengan orang yang mau mencatatkan Perkawinannya, Salam Damai.

    [Reply]

  12. Choirul says:

    Aku kurang setuju kalau UU Nikah Siri jadi disahkan, menurut aku… yang perlu disahkan dulu adalah UU tentang PSK.
    Yang aku khawatirkan kalau UU Nikah siri jd disahkan orang malah takut nikah siri malah kumpul kebo meraja lela….karena gak ada hukuman penjaranya.

    [Reply]

  13. Adi says:

    saya mah gmna Allah dan Rosul aja…La Hawla Walaquwata Ilabillah…bagi yang membela syariat Islam (Qur’an & Sunah)..saya selalu mendukung… semoga perjuangan mereka selalu mndpatkan kmenangan di sisi Allah..

    [Reply]

  14. gara says:

    ojo-ojo sing gawe RUU mafia seks dan punya bisnis lendir?!
    agama kok mau dilawan hukumya para koruptor!! Ora sopan!

    [Reply]

  15. Nikah Siri, apaan tu ??? Nikah ya nikah… asal susuai dgn kalo sesuai dengan Syar’i ya udah Syah… Halal dimata Allah. Kenapa manusia menempuh jalan nikah, salah satu alasannya ialah tidak mau Zina… dan itu adalah alasan yg paling pokok diantara alasan yg lain…. Bahwa ada yg nikah tidak dicatat itu ada beberapa alasan… kalo di Kampung diantara alasannya tidak ada biaya, byk urusannya… Kalo di Kota ada yg tidak di catat krn takut diketahui Istrinya yg lain… Dan diantara alasan kawin (nikah) lagi adalah “itu lebih baik dari pada ber-zinah atau punya simpanan yg tanpa status yg jelas”. Nah kalo kenyataan byk yg nikah blm dicatat, itu PR bg Pemerintah bagaiman caranya bisa tercatat dgn ongkos yg murah…. dari pada memenjarakannya, sebab mereka bukan pelaku kriminal…..

    [Reply]

  16. shinta bosveld says:

    aku agak kaget dengan nominal 500 juta utk jaminan seperti yang tercantum dalam pasal 142 ayat 3 .. itu bukan jumlah yang kecil walaupun buat orang asing, kasian kalau mereka menjadi batal menikah karena jaminan tersebut… tidak semua orang asing mempunyai uang sebanyak itu … dampak economic crisis terjadi dibanyak negara.. dan mereka menikah bisa saja karena cinta bukan harta…rejeki bisa dicari dimana saja, kalau negara suami lebih makmur dan aman, mungkin solusinya pindah kenegara suami.

    [Reply]

  17. abraham says:

    walah banyak yg konsen ama nikah nih….klu ngak salah siri itu dlm artian bahasa “diam2″, klu yg dimaksud siri yg beredar skrg itu “nikah yg ngak tercatat” ini beda jauh…dlm nikah itu ada unsur publikasinya yaitu dgn syarat minimal 2 org saksi. jadi yg mau buat UU itu hrs menjlskan dulu artian itu, klu dlm artian siri bhs itu jls batal demi hukum “wong nikah diam2″ (klu kawin “ML” itu hrs diam2) klu diumumkan lha kayak “film unyil” semua bisa nonton wkwkwkwk…..klu syariat-nya terpenuhi ya hrs sah dong….gitu aja kok repot

    [Reply]

  18. fraulein serenity says:

    pemerintah jangan mengintervensi agama dong. lagipula nikah siri adalah nikah secara agama dan diperbolehkan oleh agama knapa pemerintah menerapkan aturan yang mempersulit hal itu?
    saya ngerti maksud pemerintah untuk melindungi para perempuan yang malakukan nikah siri. tapi saya rasa mereka seharusnya sudah ngerti apa resikonya jika nikah siri. jadi buat para perempuan yang memilih nikah siri lalu menghadapi kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan jangan cengeng tapi hadapi dengan besar hati.

    [Reply]

  19. Kang Uchith says:

    negara mau di tata ko’ ribut…!!!kapan seh mau percaya sama perwakilan kita????

    [Reply]

  20. a tidak setuju undang undang tentang kawin sirih harus di revisi kembali

    [Reply]

  21. Mr eko (PM) says:

    jujur saja, kenapa sih musti di ributkan?
    kalian semua tahu tidak,,?? siapa yang membuat UU itu, orang yang membuat undang undang itu adalah orang yang tidak mampu mempunyai istri lebih dari satu karena agamanya Non_Muslim, dan mereka yang membuat UU tersebut pastilah punya bisnis porstitusi yang besar di pulau seribu.
    otomatis kalo tidak ada kawin siri bisnis judi dan bisnis lendir mereka akan laris,, dan manis,,,
    percaya atau tidak,,, “ALLAH SWT akan memberi azab besar untuk UU itu”
    dan terkutuklah bagi mereka yg tidak bisa berbuat adil terhadap para istrinya.
    AMIN,,,,

    [Reply]

  22. ikwan efendi says:

    salah paradigma kalau nikah siri ada sangsi karena tidak ada larangan dalam islam

    [Reply]

  23. lia says:

    nikah sirihmah biarin aja kalle. drpd zinnnnah, yg salahmah ini kali .ada seorang pegawai KUA kebon kopi yg nikahin suami oarang pake wali dan saksi orang lewat,pdhl bpk ceweknya masih hidup sehat dan g jauh. dan si pegawai KUA mengesahkan, punten apa itu memang bnr sah? atau itu tremasuk kawin kawinan. dan sah sahan?

    [Reply]

  24. lia says:

    nikah sirihmah biarin aja kalle. drpd zinnnnah, yg salahmah ini kali .ada seorang pegawai KUA kebon kopi cimahi yg nikahin suami oarang pake wali dan saksinya orang lewat,pdhl bpk ceweknya masih hidup sehat dan g jauh. dan si pegawai KUA mengesahkan, punten apa itu memang bnr sah? atau itu tremasuk kawin kawinan. dan sah sahan?

    [Reply]

  25. rian hamzah says:

    nikah siri ga apa-apa selama orang yang melakukan punya niat baik untuk melaksanakan nikah , yang patut di hukum adalah orang yang melakukan perjinahan sek bebas dan harus di perhatikan ada teman kita para pengamen mau nikah ga ada biaya susah bener kayanya, mereka sudah melakukan hubungan di luar nikah bagaimana respon kita dan pemerintah.

    [Reply]

  26. Joni says:

    Klo nikah siri di persulit
    klo zinah di permudah
    dasar orang² sableng

    [Reply]

Trackbacks/Pingbacks

 

Leave a Reply to this Post

Al Quran Pen 300x250
Categories
Join Now
Stats
DMCA.com
Google Pagerank Powered by MyPagerank.NetPersonal