Resep Tempe dan Cara Membuat Tempe | visit ingatEros.com

Resep Tempe dan Cara Membuat Tempe

September 11th, 2010 18 Comments

Dari bisnis online ke Cara Membuat Tempe, kenapa?

Kok cara membuat tempe dan resep tempe Ros? Wah kamu berubah haluan ya Ros? Dari bisnis online sekarang bisnis tempe? Hahaha, enggak enggak sob. Saya sampai sekarang masih tetep bisnis reseller pembesar alat vital kok. Insyallah kalao dapat modal cukup modal dari bisnis online, baru melirik bisnis offline.

Maksud dari subjudul diatas adalah tulisan Eros kali ini. Terasa aneh memang, biasanya nulis tentang bisnis online, tips blogging, tekno, dsb. La kok sekarang malah milih nulis tentang cara membuat tempe dan resep tempe. Tidak lain dan tidak bukan hanyalah untuk mencari traffik permanent.

Resep Tempe dan Cara Membuat Tempe masuk keyword permanen?

Traffik permanen yaitu traffik abadi yang akan dicari orang untuk jangka waktu yang lama. Bukan hanya traffik musiman yang ramai saat kejadian, selang 1-2 minggu akan menjadi berita basi yang tidak akan dicari orang lagi. Dengan traffik abadi ini saya harap tidak usah susah susah nulis setiap 2-3 hari sekali.

Lantas benarkah Resep Tempe dan Cara Membuat Tempe masuk dalam keyword abadi? Yap bener banget. Selain menjadi keyword abadi, resep tempe dan cara membuat tempe memiliki tingkat pencarian yang cukup tinggi. Sobat Erosetia pemburu traffik bisa cek di Google Keyword Tools. Dalam sebulan terakhir ada sekitar 21.143 pencarian, angka yang lumayan bukan?

Sekilas tentang tempe dan manfaat dari tempe

cara membuat tempe - resep tempe

Menurut om Wikipedia kurang lebih, Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi biji-biji kedelai atau beberapa jenis kapang Rihizopus lainnya. seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Fermentasi umum menggunakan ‘ragi tempe‘.

Manfaat tempe sangat banyak sekali terutama sebagai sumber protein. Itulah kenapa makanan/menu sederhana ini sangat dianjurkan dan masuk dalam menus 4 sehat 5 sempurna. Berikut manfaat dari tempe :

  • Mencegah penyakit anemia dan osteoporosis (pengeroposan tulang). Tempe menyediakan cukup mineral, vitamin B12, dan zat besi yang sangat baik dalam pembentukan sel darah merah.
  • Menurunkan kadar kolesterol. Senyawa protein, asam lemak PUFA, serat, niasin, dan kalsium  yang terdapat didalam tempe dapat mengurangi kapasitas kolesterol jahat.
  • Mencegah kangker payudara dan penuaan. Dalam diri tempe terdapat antioksidan Isoflavon yang sangat dibutuhkan untuk menghentikan pembentukan radikan bebas. Selain itu terdapat antioksidan faktor II (6,7,4 trihidroksi isoflavon). Faktor II memiliki sifat antioksidan paling kuat dibandin isoflavon dalam kedelai biasa.
  • Menghemat pengeluaran bulanan. Hahaha, yaeyalah lawong tempe kan harga e murah tapi sehat. Dibanding beli daging sapi atau ayam, sehat tapi mahal ya kan? hihihi.
  • Dan banyak manfaat lain yang bisa sobat Erosetia baca di sini

Peluang bisnis tempe bisa tembus Rp 24.000.000 per bulan

Jangan remehklan bisnis makanan sederhana ini. Tidak tanggung-tanggung, omset dari bisnis tempe bisa tembus Rp 24 juta lo. Ya dua puluh empat juta perbulan (ngiler).Sungguh peluang bisnis yang menjanjikan bukan, disamping bisa membuka lapangan pekerjaan baru.

Bukan asal ngomong, kalao gak percaya bisa baca di web Karir-Up.com : Omset Bisnis Tempe Rp 800 Ribu/ Hari di>> http://www.karir-up.com/2008/05/bisnis-tempe-pun-tembus-mancanegara/. Henah gasabar pingin bisa bikin tempe, atau bahkan memproduksinya dalam jumlah besar? cekidot…

Resep tempe – resep untuk membuat tempe

  • Kacang kedelai 2kg
  • Ragi tempe 1 sdm
  • Tepung Sagu/Tapioka 1 sdm
  • Air secukupnya

Cara membuat tempe (versi Clubbing Tempe Kapanlagi)

  • Pembersihan. Air direbus dalam panci sampai mendidih dan angkat. Masukkan kedelai kedalam panci berisi air mendidih tadi dan diamkan sampai airnya hangat. Buang kulit kedelai hingga bersih.
  • Pemasakan. Seteleh itu rebus kedelai sampai airnya mengeluarkan buih/ empuk. Kemudian buang air rebusan tadi hingga kering, masukkan kacang kedelai ke wadah datar. Dimana wadah ini harus diberi alas kain/ handuk agar tempe cepat meresap dan kering.
  • Peragian. Seteleh kacang kering, pindahkan kewadah yang cekung/ bowl. Masukkan Ragi tempe dan tepung sagu kedalam kedelai, aduk dan campur hingga merata.
  • Pengemasan. Masukkan tempe kedalam plastik/ daun pisang dan tutup rapat ujung plastik. Tusuk-tusuk plastik secukupnya dari kedua sisi, agar tempe tetap mendapatkan udara.
  • Penyimpanan. Setelah selesai semua sekarang adalah tahap penyimpanan. Simpan tempe ke dalam tempat/kotak yang hangat. Tutup tempe dengan kain/handuk dan simpan selama 3 hari. Seteleh 3 hari tempe pun siap di olah menjadi aneka masakan.
cara membuat tempe - resep tempe jadi

tempe yang sudah jadi dan siap diolah

Catatan : Ragi tempe tidak sama dengan ragi roti maupun ragi tape. Ragi tempe bisa didapatkan dari penjual kedelai. Untuk membuat tempe dalam skala besar (untuk produksi), sobat Erosetia tinggal menghitung skala seperti resep diatas.

Henah cukup simple bukan untuk Cara Membuat Tempe? cuman ya itu tadi butuh kesabaran dan ketelatenan dalam membuat tempe. Apalagi bagi sobat Erosetia yang ingin menekuni bisnis pembuatan tempe. Selain produksi, juga promosi dan pemasaran. Bagaimana? berminat membuat tempe versi Cara Membuat Tempe ini?, berminat berbisnis tempe?

Oia mumpung lagi posting, insyallah di Pasuruan lebaran hari Jumat (10 sept 2010). Sekalian mau ngucapin Selamat Idul Fitri 1431h yaa, mau ngirim SMS Ucapan Selamat Lebaran gak mungkin. Yaudah Minal Aidzin wal Faidzin yaa, maafin salah-salah Eros. Semoga artikel Cara Membuat Tempe ini bermanfaat.

18 Responses to “Resep Tempe dan Cara Membuat Tempe”

  1. Jidat says:

    Wah omsetny gedhe juga ya mas kayaknya kalo kebanyakan pengusaha mulai kesusahan cari kedelai :D

    [Reply]

    aR_eRos Membalas:

    tapi kan ga mungkin semua orang menerjuni bisnis tempe.. la yang beli tempe sapa donk ihihi

    [Reply]

  2. Reza Saputra says:

    Makanan favoritku nih, eh cemilan maksudnya….

    [Reply]

    aR_eRos Membalas:

    cara masak tempe antara orang ponorogo dan pasuruan beda banget ya hehe

    [Reply]

  3. gayuh blog says:

    aku anemia nich brarti banyak makan tempe bisa sembuh ya kak?

    [Reply]

    aR_eRos Membalas:

    insyallah… dicoba dulu

    [Reply]

  4. ngekngok says:

    aku ikut belajar membuat tempe sob

    [Reply]

  5. key says:

    TUKAR LINK BOSSSS

    http://downloadgratis45.wordpress.com

    NAME ;; BEBAS DOWNLOAD

    [Reply]

  6. mama atha says:

    suamiku,anak2ku semua suka tempe..aku sll sedia di kulkas..buat sarapan tempe goreng anget2 sm sambel kecap maknyus tenan..mksh y resepnya kpn2 aku akan cb..

    [Reply]

  7. andre says:

    tulisannya sama kayak di http://www.wonosari.com dan Kapan Lagi.com…
    Padahal aq pengen tau caranya dari berbagai pihak, tp gpp, gini-gini jg bagus, kan udh ikut menginformasikan ke org2. thakns…

    [Reply]

  8. terima kasih atas informasinya,,
    tempe is delicious

    [Reply]

  9. a. saputra says:

    thank for your information, sy trtarik n ingin bisnisnya mhn doanya

    [Reply]

  10. informasi yang menarik,,
    makasiii atas informais nya,,,

    [Reply]

  11. carpet says:

    uwooooo nice posting :) )

    [Reply]

  12. ahmad azhar says:

    jangan lupa kunjungi kami juga z mbak,semoga bermanfaat

    [Reply]

    ahmad azhar Membalas:

    jangan lupa kunjungi kami juga z mbak,semoga bermanfaat buat anda.
    http//barokahukirjepara.com

    [Reply]

  13. pipit says:

    Mau tanya,SDM itu apa?artinya apa SDM= Sendok Makan??
    Jadi 2 Kilo kedelai cuma di kasih 1 Sendok Makan Ragi Tempe??Kalo misalnya saya pengen mencoba 1/2 kilo kedelai, berapa sendok yang saya pake untuk membuat tempe? Bingung dengan panduan yang anda buat. 2 Kilo kedelai itu banyak, apa bisa merata kalo di kasih 1 sdm ragi tempe?

    [Reply]

  14. mantap nih resepnya, lumayan ada fariasi buat bikin masakan tempe..

    [Reply]

 

Leave a Reply to this Post

Al Quran Pen 300x250
Categories
Join Now
Stats
DMCA.com
Google Pagerank Powered by MyPagerank.NetPersonal