Domain dan Hosting? Kenalan Yuk !! | visit ingatEros.com

Domain dan Hosting? Kenalan Yuk !!

December 29th, 2010 15 Comments

Dua Komponen WAJIB membangun website

Hai Eros, pakabar? lama gak ketemu, kerja apa ni sekarang?” tanya Tomi, temen SMA yang kini membuka konter jam tangan di pusat perbelanjaan ternama di Pasuruan. “Keseharianku cuma jualan obat herbal online via website Tom, mayan bisa buat beli motor dan kebutuhan keluarga sehari-hari” jawab Eros meyakinkan.

Wah asyik tuh bisa kerja dari rumah. Selain lebih murah, jadi banyak waktu untuk keluarga. Aku buatin website donk Eros, buat jualan jam tangan online” sahut Tomi. “Boleh, boleh tom. Nanti saya rekomendasikan hosting murah dan handal. Baidewee, domainnnya apaan nih?” tanya Eros.

“Aduh, gak paham aku. Emang apaan sih itu domain dan hosting? merek obat herbal ta?” celetuk Tomi kebingungan. Eros pun mencoba menjelaskan dengan tenang “Domain itu nama/alamat website Tom, misalnya Facebook.com, Yahoo.com, TokoTomi.net, dan sebagainya. Sedangkan hosting itu tempat untuk menyimpan website“. “Ooo… gtu ya Ros” sahut Tomi mulai paham. “Dengan domain dan hosting inilah kita bisa membangun website” tambah Eros.

DOMAIN itu apaan sih Ros?

Henah dari percakapan singkat antara Tomi dan Eros diatas dapat dimengerti bukan apa itu domain dan apa itu hosting. Dengan dua komponen inilah sebuah blog/website dapat dibangun. Tanpa keduanya mustahil kita bisa membuat website dan hosting.

Bagi yang paham dan atau sudah lama bergelut dengan dunia website, ‘domain’ tentu bukan kata yang asing. Tapi bagi masyarakat awam bahkan yang sudah lama menggunakan internet tentu tidak mengerti apa itu domain. Ya kan? hayo ngakuu? *tabok Eros.

Seperti yang saya sebutkan diatas, domain adalah alamat/nama dari sebuah website. Ibaratnya, misal laptop adalah website maka domain adalah merek laptop itu sendiri. Atau ibarat kita membangun rumah itu sebagai website, maka alamat rumah kita itulah yang disebut domain.

pengertian domain hosting

Click to zoom : pengertian domain hosting

Pembagian domain berdasarkan levelnya

Setelah mengetahui secara umum tentang pengertian domain, kita kenalan lebih dalam yuk pada pembagian domain. Domain dibagi menjadi 3 bagian yaitu :

  1. Top level domain (TLD) adalah extensi dari sebuah domain. Merupakan level tertinggi dalam penamaan domain.
  2. Second level domain adalah nama domain itu sendiri. Second level inilah yang merupakan domain pilihan kita kawan. Top level dan Second level ini merupakan level wajib yang harus digunakan agar sebuah domain bisa bersiri.
  3. Sedangkan Lower level domain adalah level domain tingkat rendah. Keberadaan lower level ini tidak begitu penting. Karena tanpa lower level ini, domain tetap bisa berdiri. Lower lever ini dipakai untuk subdomain pertama, subdomain kedua, ketiga dan seterusnya.

Contoh : blog.ingateros.com terbagi menjadi 3 level yaitu
- blog merupakan low level
- ingateros adalah second level
- com adalah top level

Jenis domain berdasarkan penggunaannya

Berikut ini adalah jenis-jenis domain berdasarkan penggunaannya yang Eros tahu. Yang mau menambah silahkan dikotak komentar yaa. Mungkin banyak rekan blogger yang sudah paham, tapi tentu saja ada yang belum tahu. Agar lebih mudah, saya kasih contonya yaa:

  1. Main using domain. Domain ini adalah domain utama yang digunakan oleh sebuah website. Contoh : www.komputekonline.net, www.jagoanhosting.com dan sebagainya.
  2. Redirect Domain. Domain ini hanya digunakan untuk redirect ke domain lain. Alasan menggunakan domain ini pun beragam. Yaitu untuk mempersingkat domain utama. Contoh : www.PriaJantan.com yang akan di direct ke domain www.CaraMemperbesar.org
  3. Parked Domain adalah domain yang diparkir alias tidak digunakan. Alasan memparkir domain pun beragam. Karena banyaknya domain yang dimiliki si empu website, atau memang sengaja bisnis parkir domain. Contoh www.zaujah.com, ini adalah domain yang di parkir di Sedo.com

Jenis-jenis domain berdasarkan TLD

Berikut jenis-jenis domain berdasarkan Top Level Domainnya. Alias pembagian nama domain berdasarkan ekstensi domain tersebut :

  1. Global Top Level Domain (gTLD) adalah domain yang menggunakan ekstensi global/TLD internasional. Ada banyak jumlah GTLD yang bisa digunakan untuk website, diantaranya :
    • .COM (Commercial) untuk perusahaan komersil. Contoh www.JagoanHosting.com
    • .NET (Network) untuk perusahaan jaringan/networking. Contoh www.D-Net.net
    • .ORG (organization) diperuntukkan bagi badan organisasi. Contoh www.Wikipedia.org
    • .TV (television) khusus untuk perusahaan penyiaran televisi. Contoh : www.an.tv
    • .GOV (government) untuk lembaga pemerintahan. Contoh : www.usa.gov
    • dan masih banyak yang lain seperti .cc, .in, .co, .im dan sebagainya.
  2. Country Code Top Level Domain (ccTLD) adalah domain yang menggunakan ekstensi sesuai dengan negara/wilayah masing-masing. Untuk bisa menggunakan domain ini harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan pada masing-masing negara.
    • .ID (Indonesia) ekstensi domain untuk Indonesia
    • .AU (Australia) ekstensi domain untuk Australia
    • .MY (Malaysia) ekstensi domain untuk Malaysia
    • .UK (United Kingdom) ekstensi domain untuk Inggris
    • .SG (Singapore) untuk negara Singapura
    • dan masih banyak yang lain tergantung negara masing-masing.

Domain Indonesia – Pengertian Domain Indonesia

Domain Indonesia (.id) dari istilahnya sudah cukup jelas bukan? Yaitu domain yang menggunakan ekstensi khusus untuk web-web Indonesia. Karena menyangkut negara, maka penggunaannya pun diatur sesuai peraturan yang berlaku.

  1. Jenis-jenis domain indonesia
    • .CO.ID = untuk perusahaan komesial
    • .WEB.ID = untuk individu/kelompok
    • .SCH.ID = untuk sekolahan
    • .AC.ID = untuk perguruan tinggi
    • .OR.ID = untuk organisasi
    • .GO.ID = untuk bedan pemerintahan
    • .NET.ID = untuk perusahaan jaringan
  2. Persyaratan register domain Indonesia

    • .CO.ID = KTP*, akta niotaris/SIUP dan hak merk
    • .WEB.ID = KTP*
    • .SCH.ID = KTP*, surat kuasa, surat permohonan dari kepala sekolah
    • .AC.ID = KTP*, SK Depdiknas Pendirian, Akta Notaris Pendirian, Surat Kuasa Pimpinan Lembaga
    • .OR.ID = KTP*, Akta Notaris atau SK Organisasi
    • .NET.ID = KTP*, SIUP, Kepemilikan Merk, SIUP Telekomunikasi (ISP, Telco, VSAT, dsb)
    • .GO.ID = KTP*, Surat permohonan di tanda tangani oleh Sekjen/Sekut/Sekmen untuk Pemerintah Pusat atau Sekda untuk Pemda, dan Surat kuasa

* = KTP (Kartu Tanda Penduduk) penanggungjawabwebsite/admin

Istilah-istilah domain lainnya yang perlu kita tahu

  • Addon domain : domain kedua, ketiga, dst yang ditambahkan dalam akun hosting.
  • Domain shorter : penyingkat domain yang terlalu panjang. Fungsinya untuk memperpendek link atau URL domain. Contoh www.Goo.gl, www.de.tk

Trus HOSTING itu apaan Ros?

Setelah tadi kita tahu apa itu domain, yang tidak kalah pentingnya adalah Hosting. Bagi yang awam bahkan yang sudah lama ngeblog dengan blog gratisan seperti blogspot, wordpress, dan sejenisnya, belum tentu tahu apa itu hosting. Karena blog gratisan tinggla pakai, tidak peduli hosting.

So, apa si itu Hosting? apa hubungannya dengan domain? Ok, kita ibaratkan lagi dengan laptop. Laptop adalah website, merek laptop sebagai domain. Henah hosting itu hardisk laptop itu sendiri.

Henah, lebih mudahnya menurut Eros hosting adalah harddisk online tempat menyimpan artikel, video, foto-foto dan bahan website lainnya agar bisa diakses dari seluruh dunia, 24 jam 7 hari seminggu. Kalao disimpan di hardisk komputer kan cuma bisa diakses sendiri websitenya heheee.

Atau lebih mudahnya, kita ibaratkan rumah lagi ya? Kita ibaratkan rumah adalah blog/website, domain adalah nama dan alamat rumah. Sedangkan hosting adalah tanah untuk membangun rumah itu sendiri. Diatas tanah kita dapat membangun rumah dan didalam hosting pula kita dapat membangun website/blog.

Hosting Indonesia – Pengertian Hosting Indonesia.

Yang Eros tahu Hosting Indonesia adalah hosting yang servernya terletak di Indonesia. Server ini terhubung langsung ke Indonesia Internet Exchange atau yang kita kenal dengan IIX atau server IIX. Sehingga akses pengunjung website jadi lebih aman dan nyaman.

Bagi sobat yang akan membangun website/toko online untuk pasar lokal, Eros sarankan untuk menggunakan Hosting Indonesia ini. Letak server yang berada di area yang sama ini membuat website lebih cepat di akses, daripada meletakkan website pada server USA, Singapore atao lainnya.

Proses publikasi dan akses website :

pengertian hosting domain

click to zoom : proses publikasi website

Jenis-jenis hosting

Selain kita mengetahui apa itu hosting, kita juga perlu tahu jenis-jenis hosting yang ada di dunia. Berikut ini jenis-jenis domain yang Eros tahu, jika ada yang ingin menambah silahkan di kotak komentar yaa, nanti tak tambahin ke post :

  1. Jenis hosting berdasarkan biaya :
    • Free hosting adalah hosting yang disediakan secara gratis
    • Trial hosting adalah hosting yang diberikan kepada calon pelanggan untuk ujicoba kehandalan dan fasilitas hosting. Biasanya trial hosting diberikan 30-60 hari saja.
    • Paid Hosting adalah hosting yang mengharuskan membayar biaya sewa. Hosting jenis ini paling banyak digunakan. Tidak lain karena pelayanan dan kualitasnya tentu tidak asal-asalan.
  2. Jenis hosting berdasarkan user/client :

    • Shared hosting yaitu hosting/server yang digunakan secara bersama-sama (berbagi) oleh banyak pelanggan. Hosting jenis ini paling banyak dipilih karena harganya jauh lebih murah.
    • Virtual Privat Server (VPS) atau dedicated rerver adalah server hosting yang digunakan secara pribadi (privat). Pelanggan VPS mempunyai akses penuh terhadap VPS tidak seperti Shared yang terbatas pada level user. Kapasitas hosting, prosesor, bandwith dan memory pun dipakai secara pribadi.

click to zoom, so drag to move

Henah, dengan penjelasan dan animasi diatas kita sudah mengerti kan apa itu domain dan hosting? Yuk menambah wawasan tentang internet, domain dan hosting, datang rame-rame ke Inets Expo 2011 di DBL Arena, Jl A Yani 88 Surabaya. Mulai besok 12 sampai 16 Januari 2011. Sampai jumpa di posting selanjutnya.. sampai jumpa di DBL Arena insyallah.

Video animasi pengertian domain dan hosting

disclaimer :

  • seluruh image adalah hasil googling yang saya modifikasi menjadi animasi, jika anda adalah pemilik image dan keberatan, silahkan menghubungi via kontak atau komentar disertai bukti valid.
  • image terakhir (info pameran inet) dari web KomputekOnline.net
  • sumber jenis-jenis domain dan syarat register domain dari JagoanHosting.com
  • Video animasi  dari PakdeTtop.com

15 Responses to “Domain dan Hosting? Kenalan Yuk !!”

  1. riFFrizz says:

    Rame banget ya yang ngomongin domain dan hosting

    [Reply]

    aR_eRos Membalas:

    semakin banyak yang ngomongin semakin banyak yang tahu pula apa itu hosting domain dan hosting. biar gak gaptek ^_^

    [Reply]

  2. r4r4 says:

    Ane aja baru tahu beberapa bulan yg lalu tentang 2 kata ini,

    [Reply]

    aR_eRos Membalas:

    seep.. beritahu yang lain juga ya apa itu domain dan hosting.

    [Reply]

  3. ane baru kenal tuh….
    dari bulan november yg lalu..
    tp mc numpang hostx..
    hehe…

    [Reply]

    aR_eRos Membalas:

    seep mas, makin banyak yang tahu tentang apa itu domain dan hosting makin banyak yang melek tentang teknologi :)

    [Reply]

  4. mas-tony says:

    ada beberapa hal yang saya ambil hikmahnya
    1. Silaturahmi, bertemu dengan sahabat
    2. Potensi bisnis dengan share dengan teman baru, siapa tahu bisnis menguntungkan dan tambah orderan
    3. pentingnya ilmu untuk ditularkan
    salam dari mbantul

    [Reply]

    aR_eRos Membalas:

    bener banget mas, selain silaturahmi dengan teman lama juga bisa menambah silaturahmi dengan teman2 baru. yang lebih penting adalah memberi pendidikan dan pengetahuan seputar domain dan hosting

    [Reply]

  5. Anas says:

    Mantabs.. artikelnya mas.. met berkompetisi..

    [Reply]

    aR_eRos Membalas:

    mantabs juga komentarnya mas :D
    selamat bertanding juga :)

    [Reply]

  6. pendosa says:

    maaf bung ane nanya neh… liat http://www.pendosa.mobie.in ini ane mau jadiin http://www.pendosa.com untuk ane sendiri atau individu…. cara gantinya gmana ya dari comunity xtgem jadi http://www.pendosa.com trimakasih ane dah muter2 tapi tetep gkk ada hasilnya add fb ane juga ya wajahku87@yahoo.com thank kawan…. lam kenal mohon masukannya ya….

    [Reply]

    aR_eRos Membalas:

    barusan cek ke tkp, ternyata wap site. yang jelas tentu beli domain+hosting sendiri. tapi untuk inastalasinya afwan, maaf ana belom tahu kalao install wap site. antum bisa tanyakan langsung ke pihak hosting.

    [Reply]

  7. ARI says:

    Mbak.., ijin copas yah di blog saya. biar ngga susah nyarinya. ini info penting. makasih

    [Reply]

  8. sayyid says:

    wow penjabarannya lengkap!!!!
    thanks:)

    [Reply]

  9. rumah pohon says:

    kalo ngomongin hosting itu luas banget ya .. apalagi kl soal vps yg katanya bisa buat naro script sofware seo misalnya scrapebox. Ane pengen banget belajar tp sayangnya nggak ada provider hosting yg juga menyelenggarakan training seo sampai ke cara penggunaan vps utk sofware seo.

    [Reply]

 

Leave a Reply to this Post

Al Quran Pen 300x250
Categories
Join Now
Stats
DMCA.com
Google Pagerank Powered by MyPagerank.NetPersonal